Semua Itu Akan Indah Pada Waktunya...

Selasa, 27 Juli 2010

Nisfu Syaaban

Nisfu Syaaban

Malam nisfu syaaban telah berlalu, mungkin banyak dari kita termasuk saya salah satunya tidak mengetahui benar apa yagg dimaksud malam nisfu syaaban sehingga malam yang penuh dengan fadhilah tersebut kita lewatkan begitu saja.
Yang saya tahu dari orang tua kita dulu pada malam syaaban tersebut kita dianjurkan jangan tidur terlalu cepat tetapi memperbanyak berdoa, memohon dan tirakat sampai menjelang pagi. Selebihnya...i dont know....
ya begitulah kira-kira. Padahal banyak sekali keutamaan dan amalan yang bisa kita lakukan pada malam tersebut.
Syaaban atau biasa orang jawa bilang " Sasi Ruwah " adalah bulan yang berada ditengah-tengah antara Rojab dan Ramadhan, yaitu bulan yang penuh dengan fadhilah dan keberkahannya. Dalam bulan itu berkembanglah kebaikan yang banyak sekali dan Allah akan mengangkat derajat orang yang menghidupkan bulan ini dengan amalan ibadah. Allah juga mengkaruniakan rahmat kepada hamba-Nya.
Orang yang membesarkan bulan ini dengan beribadat akan terpelihara dari maksiat dan taubatnya diterima juga terselamat dari bencana pada tahun berkenaan.
Lantas amalan-amalan apa saja yang seharusnya dan sewajarnya kita lakukan di bulan syaaban ini, diantaranya adalah :
1. Memperbanyak Puasa Sunah
- Jika berpuasa sehari dalam bulan syaaban akan diharamkan tubuhnya dari api neraka.
- Jika berpuasa sebulan pada bulan ini Allah akan mempermudah kepadanya Sakaratulmaut dan ditolakannya ( terlepas ) dari kegelapan kubur, dilepaskan dari huru-hara, mungkar dan nangkir, ditutup aibnya di akhirat nanti dan diwajibkan syurga baginya.
- Berpuasa pada awal kamis dan akhir kamis di bulan syaban dimasukannya dama surga.
2. Memperbanyak doa, dzikir dan bersholawat pada Rosulullah.
3. Bertaubat.
Malam Nisfu Syaaban.
Nisfu syaaban adalah peristiwa hari ke-15 dalam bulan syaaban tahun Hijriah. Jadi malam nisfu syaaban adalah malam 15 syaaban. Pada malam ini umat islam sangat disarankan untuk memanfaatkannya karena pada malam ini penuh dengan rahmat dan doanya sangat mustajab. Umat muslim mempercayai pada malam ini amalan akan dibawa naik oleh malaikat untuk ditukar dengan lembaran amalan yang baru setelah setahun berlalu.
Nabi Muhammad S.A.W menggalakkan umatnya untuk bangun malam dan berjaga serta beritikaf sepanjang malam. Umat islam disarankan menghidupkan malam nisfu syaaban dengan membaca surat Yasiin sebanyak 3 kali selepas sholat maghrib.
- Yasiin pertama : mohon diperpanjang umur untuk beribadah kepada Allah.
- Yassin kedua : mohon rejeki yang halal untuk beribadah kepada Allah.
- Yasiin ketiga : mohon ditetapkan iman dan islam dan mati dalam iman.
Nah buat kita yang belum melakukan apapun dimalam nisfu syaaban karena terlewatkan begitu saja, belum ada kata terlambat. Bulan syaaban masih setengah bulan lagi. Masih banyak amalan dan ibadah yang bisa kita lakukan. Ayo...jangan ditunda lagi,........
Mudah-mudahan bermanfaat.....
By : Bunda Raihan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar